Pemuda, Tonggak Industri Kreatif Indonesia

Tempat Wisata Lombok Yang Paling Menarik Untuk di Kunjungi
November 13, 2016
Membuat Opt-In Page untuk Mailing List yang Baik
November 13, 2016

Dalam dunia persaingan ekonomi yang semakin ketat, Indonesia didorong untuk menggali sumber ekonomi alternatif untuk mendorong perekonomian negeri. Salah satunya dengan digalakkan-nya industri kreatif.

Pemuda, dengan segala idealisme, imajinasi segar dan rasa ingin tahunya yang tinggi menjadi motor utama industri kreatif. Peran pemerintah guna memfasilitasi dan membangun iklim industri kreatif yang sehat juga diperlukan. Karena industri kreatif juga punya andil dalam memajukan ekonomi dan membangun negara ini.

Industri kreatif merupakan kelompok industri yang memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

Menurut Kementrian Perdagangan Indonesia, industri kreatif berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta  lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Di dalam industri kreatif, kreatifitas memegang peranan sentral sebagai sumber daya utama. Industri kreatif lebih banyak membutuhkan sumber daya kreatif yang berasal dari kreatifitas manusia daripada sumber daya fisik. Namun demikian, sumber daya fisik tetap diperlukan terutama dalam peranannya sebagai media kreatif.

 

Karekteristik Industri Kreatif :

1.Resiko Tinggi

Resiko dalam menjalani bisnis industri kreatif ini tergolong tinggi, namun margin keuntungan yang bakal diperoleh relatif tinggi juga.

2.Keanekaragaman Tinggi

Keanekaragaman produk hasil industri kreatif pasti bakal terjadi, meskipun di sektor industri yang sama. Penyajiannya pun beragam, baik secara fisik maupun digital.

3.Persaingan Ketat dan Mudah Ditiru

Beranekaragamnya produk hasil industri tersebut membuat persaingan antara pelaku bisnis menjadi ketat, serta rentan plagiasi atau tiru-meniru.

4.Siklus Hidup yang Singkat

Bila daya kreatifitas suatu indistri kreatif rendah, maka siklus hidup akan singkat karena persaingan yang ketat.

Semarak industri kreatif menyebar kemana-mana. Some rise, some fall. Find out how to be the last one standing.

Berikut adalah Survival Kit untuk Industri Kreatif

Ide itu mahal!

Bisnis kreatif terbagi menjadi dua, yaitu produk dan jasa. Saat ini bukan lagi pada ‘apa’ tapi ‘bagaimana’. Tengok saja sukses Zanana. Bukan ‘apa’ atau keripik pisangnya yang menjadikan Zanana sampai sekarang ini. Tapi ‘bagaimana’ keripik pisang itu dikemas, dipasarkan, dan seterusnya. Ide yang menjadikan sebuah industri ini unik dan menjual.

Baca Juga : Seberapa penting Social Media dalam meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Motivation

Jangan membuka usaha hanya karena ikut-ikutan tren atau suruhan pihak lain. Tekadkan dalam hati, tujuan dan motivasi bergabung di Industri ini. Motivasi yang kuat akan menjadikan Anda tangguh menghadapi cobaan dan jatuh-bangun berbisnis. Karena Anda tahu untuk apa Anda melakukannya.

Business Plan

Tidak peduli usaha yang akan Anda jalankan adalah usaha kecil, menengah, atau besar, perencaan tetap wajib dilakukan. Paling tidak harus ada konsep usaha, deskripsi usaha, strategi pemasaran, analisis kompetitot, pengembangan, operasi, dan pengelolaan keuangan.

Namanya Apa?

Dalam industri kreatif nama itu penting. Nama yang kreatif, unik, mudah diingat akan memulukan upaya pemasaran. Jangan lupa disesuaikan dengan bidang usaha. Selanjutnya siapkan tagline atau logo yang mudah diingat. Lihat kan betapa tanda centang tak lagi berarti ‘betul’ di pikiran kita sekarang?

Marketing Strategy

Strategi pemasaran juga tak kalah penting. Produk Anda bagus, namun sulit ditemukan atau kurang exposure juga tak akan laris. Pastikan Anda mempelajari siapa target marketingnya, melalui media apa dan bagaimana mempromosikan keunggulan-keunggulan yang ada pada produk ini. Dengan kecanggihan teknologi dewasa ini, promosi dan pemasaran makin mudah dan murah.

Sekarang!

Industri ini memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Terlambat eksekusi, ide Anda keburu dieksekusi orang lain. Jadi, lakukan sekarang!

Networking

Sembari menjalankan bisnis, ada baiknya memperluas jaringan. Jaringan yang luas bisa mempermudah mendapatkan kepercayaan orang untuk memberikan modal atau untuk tawaran kerjasama. Apa itu networking dan bagaimana memulainya? Silaturahmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!