Museum Bawah Laut Museo Atlantico

Wisata Pantai Indah di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi - Kuta Bali
Wisata Pantai Indah di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi
January 18, 2017
Google Translate : Untuk Menerjemahkan Bahasa
Aplikasi Wisata Yang Perlu Diketahui
February 10, 2017
Museum Bawah Laut Museo Atlantico Karya Jason deCaires Taylor

Museo Atlantico adalah museum bawah laut yang didedikasikan untuk Laut dan pengungsi. Kalian harus menyelam sampai kedalamaan 12 meter di selatan pantai Lanzarote, Spanyol untuk menikmati karya-karya patung dari jarak dekat.

Karya Jason deCaires Taylor bertajuk The Raft of Lampedusa. (Jason deCaires Taylor)

Karya Jason deCaires Taylor bertajuk The Raft of Lampedusa. (Jason deCaires Taylor)

Berkunjung ke museum di daratan sudah biasa dilakukan. Tapi bagaimana kalau museum bawah laut?

Pada pertengahan januari 2017, Museo Atlantico musemum bawah laut pertama di Eropa telah resmi dibuka untuk publik. Terdapat lebih dari 300 patung karya Jason deCaires Taylor, seniman asal Inggris.

Seperti yang dilansir dari Euronews, Rabu (18/1/2017), sebagian dari isi museum sudah dipamerkan pada Februari 2016. Berbagai hewan laut seperti hiu, barakuda, gurita, dan ikan pari pun melengkapi pameran di tahun lalu.

Museum Bawah Laut Museo Atlantico Karya Jason deCaires TaylorMuseo Atlantico didesain untuk melestarikan dan melindungi lingkungan laut serta mempromosikan pendidikan sebagai bagian integral dari sistem nilai-nilai kemanusiaan.

Karya patung-patung ini bisa ditemukan pada kedalaman 12 meter di bawah permukaan Samudra Atlantik di Bahia de Las Coloradas, selatan pantai Lanzarote, Spanyol. Dengan luas area 2.500 meter persegi, dan bisa dinikmati sama para penyelam scuba atau dari perahu yang mempunyai dasar kaca.

Karya permanen di museum ini semuanya terbuat dari material dengan pH netral yang dirancang khusus untuk mendorong reproduksi spesies ikan lokal dan menciptakan habitat bagi kehidupan laut di kawasan tersebut.

“Pameran ini merupakan bentuk penghormatan nggak hanya kepada para pengungsi yang berhasil, tapi juga mereka yang mimpi dan harapannya tetap berada di dasar laut,” ungkap Taylor seperti dikutip dari The Local.

Semua patung karya Taylor ini berupaya menggambarkan “antara masa lalu dan sekarang, juga perpecahan didalam masyarakat”. The Rubicon, Vortex dan THe Raft of Lampedusa adalah beberapa karya yang paling terkenal, menggambarkan pada masuknya pengungsi ke pulau-pulau Italia.

Baca juga: Wisata Pantai Terindah di Indonesia

“Saya berharap Museo Atlantico of Lanzarote bisa dijadikan pintu masuk ke dunia yang berbeda dan memberi pemahaman lebih baik mengenai lingkungan laut yang berharga dan seberapa besar ketergantungan kita terhadapnya,” kata Taylor.

Walaupun cocok buat traveling bersama keluarga, kalian tetap harus lihat aturan batasan usia yang berlaku disana dan memberitahu riwayat kesehatan sebelum menyelam.

(Sumber: Telegraph)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!