Menikmati Pagi dari Ketinggian Bukit Alesano Bogor

Kota Bawah Tanah Montreal, Kanada
December 10, 2016
Cara Menghemat Uang untuk Wisata saat Liburan
December 27, 2016

Kali ini saya nggak tau mau nulis apa, tapi hari ini saya mau cerita tentang bukit alesano yang katanya sih lagi trend-lah di social media buat anak muda-nya. Gimana ga trend saat saya cek di instagram dengan hashtag #bukitalesano ternyata udah banyak banget yang upload, padahal saat kesana juga kata teman saya itu masih terbilang sepi daripada bukit lainnya dibogor.

Bukit alesano merupakan salah satu tempat wisata alam di bogor yang patut dimasukan dalam deretan wisata bogor yang wajib dibogor, pasalnya tempat ini yang menurut saya ‘WAH’ banget deh kalau dibandingin sama puncak bogor. Dengan menawarkan pengalaman seru melihat panorama alam dan kelap kelip lampu kota bogor dan sekitarnya, menambah indah suasana malam kalian.

Ya seperti yang diketahui banyak orang, kalau bogor itu sudah banyak terdapat tempat untuk menikmati keindahan alam khususnya pegunungan. Tapi kali ini saya akan membahas tentang menikmati keindahan pegunungan dan bukit di kawasan bogor tanpa harus kita mendaki jauh keatas sebelum menikmatinya.

Langsung saja ya saya juga cape ngasih intronya kepanjangan hehehe..

Bukit Alesano Bogor

Pose andalan di Bukit Alesano Bogor

Bukit alesano, begitulah orang menyebutnya! menawarkan kalian yang sedang merindukan pendakian gunung dan suasana berkemah saat ‘diatas’. Ya mungkin sekedar menyalurkan rasa kangen itu saya rasa berkemah didaerah yang ‘agak mirip’ dengan pegunungan bisa menjadi solusi bagi kita untuk mengobati kangen atau rindu terhadap alam pegunungan saat pendakian.

Tak dapat dipungkiri, bahwa banyak orang berpendapat kalau mendaki gunung memerlukan stamina tubuh yang prima, karena memang sangat menguras tenaga untuk mencapai puncak, setuju? Kalau kalian setuju berarti sama kaya saya hehe.

Kota bogor memang terkenal dengan suasana sejuk dengan keindahan alam pegunungan dan perbukitan yang menambahkan kekayaan alam khas kota. Dan sebenarnya banyak potensi wisata di bogor yang dapat dikembangkan menjadi pilihan destinasi wisata kalian semua, kalau warga dan pemerintah dapat bekerjasama untuk mengelolanya dengan baik. Ya pasti saja hal itu bisa bedampak positif bagi pendapatan daerah maupun pendapatan perkapita masyarakat sekitar. Hanya saja guna mewujudkan hal tersebut haruslah didukung dari pihak yang berwenang layaknya pemerintah setempat dan juga pihak pengembang ataupun investor. Kita ambil contoh dari bukit alesano ini, mungkin sebagian dari kalian masih asing untuk mendengar namanya, iya kan? Ya terang saja tempat ini belum lama dibuka untuk umum.

Baca juga: 10 Tips Keselamatan Bila Bepergian dengan Anak

Saya mencoba mereview (asik review) perihal saya saat melakukan perjalanan wisata ke bukit alesano atau tempat wisata bumi perkemahan di bogor ini. Siapa tau berguna untuk kalian semua sebagai sumber referensi buat berwisata didaerah bogor sebagai alternatif selain puncak bogor.

Pada tanggal 10 Desember 2016 kemarin saya bersama teman melakukan perjalanan wisata ke bukit alesano, yang awalnya hanya penasaran dari beberapa kisah atau cerita yang didapat tentang tempat wisata ini. Bukit alesano terletak di Cipelang, Cijeruk – Bogor atau tepatnya bersebelahan (berdekatan) dengan Balai Embrio Ternak (BET), Kampung Pasir.

Pasti kalian penasaran ya, ‘dimana sih bukit alesano?’ ^_^ sabar ya maklum penulis blog amatir.

Kalau mau ke bukit alesano kalian mempunyai beberapa alternatif untuk menuju kesana. Bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau kendaraan roda dua dan juga menggunakan kendaraan umum.

Rute Bukit Alesano Bogor menggunakan kendaraan pribadi roda empat (mobil) atau roda dua (motor) kalian hanya perlu mengikuti jalur ini: dari kota bogor menuju empang bogor – cipaku – jalan raya cihideung – cijeruk dan setelah itu cari/tanya Balai Embrio Ternak. Wajib tanya warga setempat untuk ini, pasalnya jalan menuju bukit bukan jalan besar atau jalan raya jadi kita nggak bisa mengalihkan pandangan dari gang kecil, fokus men fokus :p (banyak cewek cakep kalo jalan pagi hehe).

Baca juga: Pesona Alam Gunung Pancar

Gang atau jalan-nya disebelah kanan dari arah jakarta, dari sana kita hanya tinggal lurus mengikuti jalan sampai bertemu jembatan kecil sebelah kiri. Agar tidak terlewat dari jembatan sebaiknya kalian bertanya ke warga setempat atau jalan pelan ye. Nah! setelah bertemu jembatan kecil kalian hanya perlu lurus mengikuti jalan sampai Balai Embrio Ternak.

Udah sampai Balai Embrio Ternak? Sekitar 100 meter sebelum gapura Balai Embrio Ternak ada jalur kiri lewati jalur tersebut jangan kalian masuk ke Balai Embrio Ternak. Setelah itu kalian hanya ikuti jalan tersebut terus, terus dan terus ikuti jalan itu sampai capek :p

Oiya ingat untuk ke Bukit Alesano kalian akan merogoh kocek sekitar 30rb loh! Walaupun bukit ini belum diresmikan pemerintah sebagai destinasi wisata daerah bogor tapi warga setempat sudah memberikan predikat kepada bukit alesano sebagai destinasi wisata jadi kalian harus memberikan (istilahnya) sumbangan untuk warga setempat.

Baca juga: Mau Perjalanan WIsata Lebih Berkesan?

Setelah melewati jembatan ada pos pertama yang akan menyambut kalian dengan akang tampan-nya. Disana kalian diharuskan membayar 10 ribu per kendaraan ( saat itu saya pakai motor ). Dan saat sampai di tujuan ( perkemahan ) kalian akan dikenakan biaya 5 ribut per orang dan 10 ribu per kendaraan untuk parkir (motor).

Bagaimana, kalian berminat untuk ke Bukit Alesano Bogor ini? atau mau barengan kesana lagi sama saya? hehe. Jika ada pertanyaan tentang bukit alesano silahkan komen atau contact melalui contact form (tenang pasti dibalas) yang sudah tersedia.

2 Comments

  1. dechy says:

    kak, kalau bawa mobil parkirnya dimana ya?
    atau ada info ga bisa titip parkir dimana?
    makasihh

    • AdhityaRabka says:

      Diatas bisa buat parkir mobil juga kok, kalo penuh biasanya penjaga disana saranin titip ke warga sekitar mba Dechy…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!